Artikel ini membahas secara mendalam mengenai tata kelola rencana strategi dan proses praktis penyusunan rancangan proyeksi masa depan dalam satuan lembaga pendidikan Islam. Fokus utama kajian ini meliputi analisis terhadap konsep, tujuan, serta dasar hukum penyusunan rencana strategis di lingkungan pendidikan Islam. Penelitian ini menerapkan pendekatan kajian literatur (library research), yakni suatu metode yang berfokus pada pengumpulan dan evaluasi berbagai sumber tertulis. Pada analisis data, penulis menggunakan 3 teknik, yakni reduksi, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Dengan menggunakan pendekatan berbasis studi pustaka, kajian ini menyusun diagram alur penyusunan rencana strategi sebagai alat bantu visual yang mempermudah pemahaman terhadap proses tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa kolaborasi antara pemerintah, pengelola madrasah, guru, peserta didik, orang tua, dan masyarakat menjadi kunci sukses keberhasilan strategi yang dirancang. Evaluasi berkelanjutan diperlukan untuk memastikan strategi tetap relevan dengan dinamika pendidikan serta mampu menjawab tantangan zaman, sehingga satuan pendidikan Islam dapat terus berkembang secara terarah dan berdaya saing tinggi
Copyrights © 2025