Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum
Vol 3 No 3 (2025): 2025

Implementasi Pendidikan Karakter Santri Berbasis Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang

Farchan, Moh. Athok (Unknown)
Handayani, Ning Rahayu (Unknown)
Wulandari, Ridya Ningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2025

Abstract

Pendidikan karakter menjadi elemen kunci dalam pembentukan manusia yang beradab dan bertanggung jawab. Pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, memiliki peran strategis dalam internalisasi nilai-nilai moral melalui pembelajaran berbasis kitab klasik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter santri berbasis kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter dilakukan secara sistematis dengan strategi Al Muhafadhotu ‘ala qodimi as-salihi wal akhdu bil jadidil aslah. Pelaksanaannya menggunakan sistem asrama penuh 24 jam dengan pengasuhan menyeluruh, sementara pengawasan dilakukan secara langsung melalui mahkamah pondok, absensi, dan evaluasi perilaku. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai kitab klasik ke dalam kehidupan santri serta perlunya penguatan evaluasi dan mentoring reflektif dalam membentuk karakter yang utuh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AlZayn

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum dengan e-ISSN 3026-2917 p-ISSN 3026-2925 Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal akses terbuka peer-reviewed dan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum merupakan hasil penelitian orisinal, ide konseptual, dan ...