Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi, hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa MAN 3 Aceh Utara masih dalam kategori rendah. Selain berpikir kreatif matematis terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi pembelajaran siswa yaitu kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan kecerdasan emosional siswa kelas X-3 MAN 3 Aceh Utara pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mixed method). Subjek penelitian ini adalah 12 siswa kelas X-3 MAN 3 Aceh Utara. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, angket kecerdasan emosional dan wawancara. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan dengan cara korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis kategori tinggi dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki persentase sebesar 16,66% atau 2 siswa. Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis kategori sedang dengan kecerdasan emosional sedang memiliki persentase 8,33% atau 1 siswa. Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis kategori rendah dengan kecerdasan emosional rendah memiliki persentase 75% atau 9 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan kecerdasan emosional siswa kelas X-3 MAN 3 Aceh Utara pada materi eksponen dan logaritma tergolong rendah.
Copyrights © 2025