Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA

Arindi, Indira (Unknown)
Wulandari (Unknown)
Isfayani, Erna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pentingnya generasi muda untuk memiliki kemampuan teknologi digital agar dapat beradaptasi dengan perubahan era globalisasi menjadi hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran Assemblr Edu berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa wawancara, angket, dan tes. Berdasarkan hasil penilaian validasi ahli media dengan rata-rata 84,82% dan ahli materi dengan rata-rata 91,25%, produk media pembelajaran Assemblr Edu berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa dinyatakan sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian angket respon terhadap siswa kelompok kecil 95,05%, siswa kelompok besar 92,26%, dan hasil penilaian observer 93,75% dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan hasil tes literasi numerasi, siswa dinyatakan efektif dengan rata-rata 62%. Berdasarkan uraian tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Assemblr Edu berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan efektif dalam proses pembelajaran matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...