Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan belajar mahasiswa dalam memahami konsep dasar fisika farmasi dalam proses pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 di Institut Kesehatan Helvetia tahun ajar 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi langsung. Jumlah sampel dalam penelitian 25 mahasiswa yang dipilih menggunakan metode purposive random sampling. Berdasarkan hasil wawancara mendalam dan observasi langsung dapat disimpulkan bahwa ada faktor yang mempengaruhi kesulitan dalam mengikuti pembelajaran. Setelah diberikan pembelajaran yang interaktif, hasil pembelajaran mahasiswa mengalami peningkatan secara signifikan dan antusias mahasiswa mengalami peningkatan,faktor kesulitan belajar yang tertinggi sebesar 44% yaitu motivasi. Kesimpulan faktor yang mempengaruhi kesulitan mahasiswa dalam proses pembelajaran khususnya fisika yaitu, bakat, motivasi ,minat, dan motivasi. Dosen mengubah kesulitan mahasiswa dengan cara memberikan pembelajaran yang interaktif,berkualitas, serta memberikan motivasi. Kata kunci: Kesulitan, konsep dasar, Pembelajaran Fisika Dasar, Farmasi
Copyrights © 2025