Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan pendekatan pembelajaran terpadu yang efektif meningkatkan literasi bahasa siswa. Untuk meletakkan dasar bagi pembelajaran di masa depan, literasi bahasa adalah bagian penting dari pendidikan dasar. Ini membantu anak-anak mengembangkan kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan yang kuat. Namun, metode pengajaran yang kurang terintegrasi sering kali menghambat pertumbuhan literasi bahasa siswa secara keseluruhan. Untuk menggabungkan berbagai teknik pengajaran bahasa ke dalam satu kerangka pembelajaran, penelitian ini menciptakan model pembelajaran terpadu. Teknik Penelitian dan Pengembangan (R&D) digunakan dalam penelitian ini, yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain model, pengembangan, dan pengujian produk. Untuk menilai kemanjuran model dalam meningkatkan literasi bahasa siswa, informasi dikumpulkan menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Temuan menunjukkan bahwa kemampuan literasi bahasa siswa, termasuk berbicara, mendengarkan, menulis, dan pemahaman teks, dapat ditingkatkan secara signifikan dengan pendekatan pembelajaran terpadu ini. Hasil ini diharapkan dapat memajukan pengajaran bahasa dan berfungsi sebagai panduan bagi para pendidik yang ingin meningkatkan literasi bahasa siswa mereka secara keseluruhan.
Copyrights © 2025