Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 3 (2025): Irje 2025

Analisis Upaya Pemenuhan Hak Layanan Pendidikan Non Formal Bagi Narapidana di Rutan Kelas IIB Kebumen

Fauzi, Novan Fatih Nur (Unknown)
Anwar, Umar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Pemenuhan hak pendidikan bagi narapidana di lembaga pemasyarakatan merupakan aspek krusial dalam pembinaan dan reintegrasi sosial. Penelitian ini menganalisis upaya pemenuhan layanan pendidikan non-formal di Rutan Kelas IIB Kebumen, dengan fokus pada implementasi program dan faktor pendukungnya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi lapangan, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam terhadap petugas, narapidana, dan tenaga pengajar, observasi partisipatif, serta studi dokumen. Hasil penelitian mengidentifikasi empat program utama: (1) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) untuk kejar paket A, B, dan C; (2) Kepramukaan untuk pembinaan karakter; (3) Mengaji dan rebana sebagai pengembangan spiritual; serta (4) Bengkel kerja untuk pelatihan keterampilan. Temuan menunjukkan bahwa program ini berperan signifikan dalam meningkatkan kompetensi kognitif, keterampilan, dan kesehatan mental narapidana, meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan overcapacity lembaga. Analisis didukung teori andragogi yang menekankan pentingnya pendekatan berbasis kebutuhan narapidana dewasa. Penelitian ini merekomendasikan optimalisasi kolaborasi dengan dinas pendidikan, peningkatan kualitas tenaga pengajar, dan penyediaan sarana-prasarana yang memadai. Implikasinya dapat menjadi acuan bagi kebijakan pendidikan di lembaga pemasyarakatan lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...