Perubahan kurikulum di Indonesia yang kini mengarah pada Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran berbasis proyek melalui program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) guna menanamkan nilai karakter, salah satunya adalah karakter kreatif. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementasi nilai karakter kreatif peserta didik pada program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 157 Palembang. 2) Untuk mengetahui hasil assessment formatif nilai karakter kreatif pada program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 157 Palembang. 3) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi implementasi nilai karakter kreatif pada program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 157 Palembang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di kelas IV B, khusunya pada proyek pembuatan kain jumputan sebagai bentuk kearifan lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu mengembangkan ide-ide kreatif dalam menciptakan motif batik jumputan yang orisinal dan memiliki nilai budaya. Assessment formatif terbukti efektif dalam mengidentifikasi dan menumbuhkan karakter kreatif peserta didik melalui umpan balik berkelanjutan. Kesimpulannya, implemnetasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui pendekatan assessment formatif dapat menjadi strategi efektif dalam menanmkan nilai karakter kreatif peserta didik di dekolah dasar.
Copyrights © 2025