Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Kebijakan Pendidikan Islam di Madrasah (MTs dan MA)

Fadillah, Muhammad (Unknown)
M, Amril (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Artikel ini menganalisis kebijakan pendidikan Islam di madrasah (MTs dan MA) dalam konteks sistem pendidikan nasional Indonesia. Fokus penelitian mencakup perbandingan karakteristik pesantren, sekolah umum, dan madrasah, khususnya dalam porsi kurikulum agama dan umum sebelum dan setelah keluarnya SKB 3 Menteri tahun 1975. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madrasah awalnya didominasi 70% materi agama, namun bergeser menjadi 70% materi umum pasca-1975. Dua faktor utama pendirian madrasah adalah kebutuhan pragmatis masyarakat dan kekhawatiran terhadap sekularisasi dari sekolah Belanda. Artikel ini juga membahas tantangan madrasah seperti manajemen, kurikulum, dan kesenjangan sumber daya, serta upaya pemerintah melalui kebijakan seperti UU Sisdiknas No. 20/2003 untuk menyetarakan madrasah dengan sekolah umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis literatur dan kebijakan. Kesimpulannya, madrasah memainkan peran strategis dalam pendidikan Islam, namun memerlukan penguatan infrastruktur dan kurikulum untuk bersaing secara global.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...