Indonesian Research Journal on Education
Vol. 2 No. 3 (2022): irje 2022

Analysis of Production Flow Rate Enhancement Using Nodal Analysis Method on Tubing Size and Future IPR in GR “Well”

Kristianto, Gredy (Unknown)
Crisye, Eltimeyansi (Unknown)
Amiruddin, Amiruddin (Unknown)
Ryka , Hamriani (Unknown)
Suprayitno, Abdi (Unknown)
Lutfi, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa produksi sumur gas dengan menggunakan metode analisis nodal dan pemodelan Inflow Performance Relationship (IPR). Data lapangan mencakup tekanan reservoir, tekanan dasar sumur, temperatur, viskositas, permeabilitas, dan variasi ukuran tubing. Dengan menghitung nilai slope, konstanta n, dan konstanta C, diperoleh Absolute Open Flow Potential (AOFP) sebesar 0,562 MMSCF/day yang mencerminkan kapasitas maksimum produksi sumur. Simulasi pada berbagai ukuran tubing menunjukkan bahwa tubing berdiameter 3,428 inch menghasilkan laju alir optimum sebesar 0,560 MMSCF/day. Analisis future IPR mengindikasikan bahwa penurunan tekanan reservoir akan berdampak pada penurunan laju produksi, dengan prediksi laju alir menurun secara signifikan pada tekanan reservoir yang lebih rendah. Hasil penelitian ini memberikan dasar yang kuat untuk pengelolaan sumur dan perencanaan produksi jangka panjang guna mengoptimalkan kinerja sumur gas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...