Indonesian Research Journal on Education
Vol. 2 No. 3 (2022): irje 2022

Electrical Submersible Pump Design for the Optimization of Well “CM”

Prada, Charlis Andika (Unknown)
Afifah, Rohima Sera (Unknown)
Jumardi, Andi (Unknown)
Mirza, Mirza (Unknown)
Arintalofa, Vithya (Unknown)
Lutfi, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Sumur “CM” mengalami penurunan performa produksi akibat berkurangnya tekanan reservoir dan meningkatnya rasio air dalam fluida produksi. Untuk mengoptimalkan kembali performa sumur tersebut, dilakukan perancangan sistem Electrical Submersible Pump (ESP) sebagai metode angkat buatan. Desain sistem ini mempertimbangkan parameter teknis seperti laju alir fluida, tekanan dasar sumur, viskositas, kandungan gas dan air, serta kedalaman sumur. Kurva Inflow Performance Relationship (IPR) tiga fase digunakan untuk memprediksi potensi produksi, sedangkan grafik kehilangan tekanan dan kurva performa pompa digunakan untuk pemilihan komponen ESP. Di samping itu, aspek kelistrikan juga dianalisis secara terintegrasi, meliputi pemilihan jenis kabel berdasarkan arus dan batas penurunan tegangan, transformator berdasarkan daya dan tegangan operasi, serta switchboard berdasarkan kapasitas arus dan daya maksimum. Hasil perancangan menunjukkan bahwa integrasi antara sistem ESP dan sistem kelistrikan yang tepat dapat meningkatkan efisiensi produksi dan meminimalkan risiko gangguan operasional. Dengan demikian,  penerapan  ESP terbukti sebagai  strategi  optimasi  produksi  yang efektif dan layak diterapkan pada sumur “CM”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...