Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Materi Penyajian Data SD Negeri 103 Palembang

Novitasari, Gensa (Unknown)
Octaria, Dina (Unknown)
Ningsih, Yunika Lestaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Penyajian data adalah salah satu materi matematika yang diajarkan di sekolah dasar (SD) yang memiliki materi menyajikan data dalam bentuk tabel atau diagaram. Oleh karena itu kesulitanyang sering muncul dalam menghadapi pembelajaran matematika adalah kurangnya motivasi belajar peserta didik. Berdasrkan hal tersebut maka, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas model problem based learning (PBL) berbantuan video pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi penyajian data kelas V. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model problem based learning (PBL berbantuan video pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi penyajian data kelas V SD Negeri 103 Palembang. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning (PBL) berbantuan video pembelajaran efektif terhadap motivasi belajar peserta didik. Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran merupakan pembelajaran dengan mengutamakan pemecahan masalah yang membuat peserta didik lebih aktif dan berfikir kritis dalam memecahkan masalah dengan berbantuan video dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika materi penyajian data.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...