Penyajian data adalah salah satu materi matematika yang diajarkan di sekolah dasar (SD) yang memiliki materi menyajikan data dalam bentuk tabel atau diagaram. Oleh karena itu kesulitanyang sering muncul dalam menghadapi pembelajaran matematika adalah kurangnya motivasi belajar peserta didik. Berdasrkan hal tersebut maka, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas model problem based learning (PBL) berbantuan video pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi penyajian data kelas V. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model problem based learning (PBL berbantuan video pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi penyajian data kelas V SD Negeri 103 Palembang. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning (PBL) berbantuan video pembelajaran efektif terhadap motivasi belajar peserta didik. Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran merupakan pembelajaran dengan mengutamakan pemecahan masalah yang membuat peserta didik lebih aktif dan berfikir kritis dalam memecahkan masalah dengan berbantuan video dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika materi penyajian data.
Copyrights © 2025