Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Membangun Keharmonisan Sosial Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Agama Inklusif di PAUD Permata Bunda Air Joman

Trisnawati, Trisnawati (Unknown)
Rahman, Mhd Habibu (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan bagaimana pembelajaran agama yang bersifat inklusif dapat membangun keharmonisan sosial pada anak usia dini di PAUD Permata Bunda Air Joman. Keharmonisan sosial merupakan kemampuan anak untuk hidup rukun, saling menghargai, dan menjalin hubungan positif dengan teman sebaya, tanpa membedakan latar belakang agama, budaya, atau sosial. Pendekatan inklusif dalam pembelajaran agama berfokus pada pengenalan nilai-nilai universal seperti kasih sayang, toleransi, empati, dan saling menghormati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran agama inklusif yang diterapkan secara konsisten dan kontekstual mampu menumbuhkan sikap sosial yang harmonis pada anak. Anak-anak mulai menunjukkan perilaku kooperatif, tidak diskriminatif, serta memiliki rasa empati dan kepedulian terhadap teman yang berbeda latar belakang. Peran guru sebagai fasilitator sangat penting dalam menyampaikan nilai-nilai tersebut dengan pendekatan yang menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan agama yang inklusif di usia dini dapat menjadi fondasi penting dalam membentuk masyarakat yang toleran dan harmonis di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...