Indonesian Research Journal on Education
Vol. 3 No. 3 (2023): irje 2023

Evaluasi Hidrolika Serbuk Bor dengan Menggunakan Konsep Rudi Rubiandini dan Shindu L.M serta Evaluasi Hidrolika Pahat pada Sumur MR-10 Lapangan JW

Juliansyah, Juliansyah (Unknown)
Hidayat, Irfan (Unknown)
Firdaus, Firdaus (Unknown)
Fatma, Fatma (Unknown)
Sulardi, Sulardi (Unknown)
Sampe, Ipan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Dalam proses pemboran, mata bor yang dipakai selalu menggerus batuan formasi dan menghasilkan serbuk bor. Supaya serbuk bor tidak menumpuk di lubang pemboran, maka serbuk bor harus di angkat ke permukaan dengan optimal. Hidrolika serbuk bor mengevaluasi keoptimalan dalam proses pengangkatan serbuk bor dengan menghitung nilai Cutting Carrying Index (CCI), Cutting Tranport Ratio (CTR), Cutting Concentration in Annulus (CCA) dan Particle Bed Index (PBI). Sedangkan pada hidrolika pahat, dilakukan evaluasi dengan menggunakan metode BHI dengan batasan nilai optimum BHHP/HHP sebesar 48%. Dari hasil perhitungan hidrolika serbuk bor yang telah dilakukan pada trayek 17 1⁄2, 12 1⁄4 inch dan 8 1⁄2 inch, didapatkan nilai CCI 2,7 – 8,6 (diatas 1), CTR rata-rata diatas 97%, nilai CCA 0,1 % - 1,8 % (dibawah 5%) dan PBI = 1 (hampir terjadinya pengendapan serbuk bor, sudah optimum karena kondisi aliran laminar dan sudut inklinasi dibawah 45o). Pada perhitungan hidrolika pahat, nilai BHHP/HHP belum optimal karena nilai persentase BHHP/HHP = 16,446 % (masih dibawah 48%).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...