Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an Ashabul Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an anak di Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer, yaitu pendidik dan peserta didik di TPA Ashabul Qur’an, serta sumber data sekunder, yaitu pihak-pihak yang memberikan data secara tidak langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Keberadaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Ashabul Qur’an memberikan dampak positif bagi para santri yang mengikuti proses pembelajaran membaca Al-Qur’an, serta bagi para orang tua santri. Taman Pendidikan Al-Qur’an ini dapat melatih minat dan bakat para santri sehingga mereka lebih fokus dalam mempelajari baca tulis Al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an Ashabul Qur’an sebagai lembaga pendidikan non formal sangat penting dalam mendidik dan meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an anak/santri. Pendidik di TPA Ashabul Qur’an berperan sebagai pengajar yang bertugas mendidik, membimbing, dan mengarahkan proses pembelajaran membaca Al-Qur’an anak dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025