Berdasarkan informasi yang didapat peneliti melalui observasi dan wawancara di UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli Alo’oa, menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik masih kurang dalam menulis surat pribadi. Jadi, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis surat pribadi dengan menggunakan model Concept Sentence di kelas VII UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli Alo’oa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) di dalamnya terdapat empat tahapan yakni: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Penelitian pada siklus I pertemuan pertama hasil observasi peserta didik aktif 51%, dan pertemuan kedua aktif 58%. Sedangkan, pada siklus II pertemuan pertama hasil observasi peserta didik aktif 63% dan pertemuan kedua aktif 92%. Hasil observasi peneliti siklus I pertemuan pertama terlaksana 67% dan pertemuan kedua yang terlaksana 83%. Sedangkan, siklus II pertemuan pertama 58% terlaksana dan pertemuan kedua terlaksana 92%. Berdasarkan hasil tes menulis surat pribadi sesuai struktur, bahasa dan isi surat pribadi pada siklus I hasil nilai rata- rata tes 55% dengan nilai terendah 33 dan nilai tertinggi 78. Sedangkan, pada siklus II 71% dengan nilai terendah 44 dan nilai tertinggi 89. Dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Concept Sentence dapat meningkatkan kemampuan dan memotivasi peserta didik dalam menulis surat pribadi di kelas VII UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli Alo’oa. Saran: peneliti menyarankan kepada sekolah dan guru mata pelajaran di UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli Alo’oa untuk menggunakan model Concept Sentence dalam mengajar keterampilan menulis kepada peserta didik serta dapat dijadikan sebagai referensi untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.
Copyrights © 2025