Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kecerdasan emosional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya PAI sebagai fondasi pembentukan karakter siswa, namun dihadapkan pada tantangan rendahnya motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan melibatkan siswa tingkat SMP/SMA sebagai populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket skala Likert, dan wawancara terstruktur. Instrumen penelitian terdiri dari skala kecerdasan emosional dan skala motivasi belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Temuan ini mengindikasikan bahwa aspek-aspek kecerdasan emosional seperti kesadaran diri, pengelolaan emosi, empati, dan keterampilan sosial memiliki kontribusi terhadap peningkatan semangat belajar siswa. Oleh karena itu, penguatan kecerdasan emosional dalam konteks pembelajaran PAI perlu menjadi perhatian bagi pendidik dan pemangku kebijakan sebagai bagian dari strategi pengembangan karakter peserta didik secara holistik.
Copyrights © 2025