Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Konkret Pecah Pizza terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran matematika materi Konsep Nilai pecahan di kelas V SDN Kalisari II/513 Surabaya. Metode penelitian ini merujuk pada metode kuantitatif Experiment Design dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest design. Sample penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kalisari II/513 Surabaya yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pelaksanaan kegiatan wawancara, penyebaran kuesioner, dan penyebaran pretest dan posttest. Data yang terkumpul melalui tes kemudian dianalisis menggunakan uji Parametrik yaitu Paired Sample-T test yang sebelum itu perlu diuji normalitas untuk mengetahui kenormalan distribusi data menggunakan uji Shapiro Wilk. Hasil rata-rata posttest sebesar 71.29 lebih besar dibanding rata-rata pretest sebesar 46.13, yang berarti adanya peningkatan setelah diberikannya perlakuan penerapan Media Konkret Pecah Pizza. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan SPSS 20, menunjukkan signifikansi (2-tailed) 0.000 < 0.05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Media Konkret Pecah Pizza terhadap hasil belajar matematika materi konsep nilai pecahan siswa kelas V SDN Kalisari II/513 Surabaya.
Copyrights © 2025