Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan ekonomi keluarga dan peran sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi di SMAN 1 Menganti. Metode yang digunakan adalah analisis regresi dengan pengambilan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa, di mana peran keluarga dalam memberikan pendidikan ekonomi melalui pembiasaan, keteladanan, dan penjelasan memiliki dampak yang besar. Di samping itu, peran sekolah juga memberikan kontribusi signifikan terhadap prestasi belajar, di mana lingkungan akademis dan sosial yang kondusif mendukung perkembangan siswa. Berdasarkan tabel output SPSS, nilai Sig. untuk pendidikan ekonomi keluarga (X1) adalah 0.000, yang menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak. Ini menandakan bahwa pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi di SMAN 1 Menganti. Begitu pula, nilai Sig. untuk peran sekolah (X2) juga sebesar 0.000, yang mengindikasikan bahwa hipotesis nol ditolak, sehingga peran sekolah juga berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Hasil uji F menunjukkan nilai Sig. sebesar 0.000, yang berarti hipotesis nol ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan ekonomi keluarga (X1) dan peran sekolah (X2) secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) di SMAN 1 Menganti. Temuan ini menegaskan pentingnya baik pendidikan ekonomi keluarga maupun peran sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2025