Materi peluang merupakan salah satu topik dalam kurikulum matematika jenjang SMP yang memiliki keterkaitan erat dengan situasi dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dan kerap melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan peluang. Salah satu faktor yang diduga memengaruhi rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah peluang adalah rendahnya kepercayaan diri siswa terhadap kemampuannya sendiri. Di samping itu, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan di kelas juga berperan penting dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sekaligus memperhatikan aspek afektif siswa, khususnya self-confidence. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran flipped classroom berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi peluang, ditinjau dari tingkat self-confidence peserta didik. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas VIII di MTI Pariangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model flipped classroom yang dikombinasikan dengan pendekatan saintifik secara signifikan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Selain itu, ditemukan bahwa peserta didik dengan tingkat self-confidence yang tinggi menunjukkan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan peserta didik dengan self-confidence yang rendah. Temuan ini mengindikasikan adanya hubungan positif antara self-confidence peserta didik dan kemampuan pemecahan masalah matematika dalam konteks pembelajaran flipped classroom berbasis pendekatan saintifik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025