Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Integrasi Flipped Classroom Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self-Confidence Peserta Didik

Jumrawarsi, Jumrawarsi (Unknown)
Siska, Maria Para (Unknown)
Rafulta, Elfa (Unknown)
Nofrianto, Adri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Materi peluang merupakan salah satu topik dalam kurikulum matematika jenjang SMP yang memiliki keterkaitan erat dengan situasi dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dan kerap melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan peluang. Salah satu faktor yang diduga memengaruhi rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah peluang adalah rendahnya kepercayaan diri siswa terhadap kemampuannya sendiri. Di samping itu, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan di kelas juga berperan penting dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sekaligus memperhatikan aspek afektif siswa, khususnya self-confidence. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran flipped classroom berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi peluang, ditinjau dari tingkat self-confidence peserta didik. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas VIII di MTI Pariangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model flipped classroom yang dikombinasikan dengan pendekatan saintifik secara signifikan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Selain itu, ditemukan bahwa peserta didik dengan tingkat self-confidence yang tinggi menunjukkan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan peserta didik dengan self-confidence yang rendah. Temuan ini mengindikasikan adanya hubungan positif antara self-confidence peserta didik dan kemampuan pemecahan masalah matematika dalam konteks pembelajaran flipped classroom berbasis pendekatan saintifik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...