Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Blue Ocean Strategi dalam Meningkatkan Pemasaran di SMPIT Ar-Rahmah Pacitan

Muttaqien, Moh Hasan Firghol (Unknown)
Hamdani, Mohammad Khusnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Menanggapi berbagai tantangan yang terjadi di lembaga pendidikan memerlukan strategi untuk mencapai hasil yang maksimal. Branding yang dilaksanakan paling tidak mempunyai daya mahnet untuk menarik siswa untuk sekolah ditempatnya. Pemasaran ini memerlukan strategi dalam melaksanakan dengan melihat kondisi sekitar dan kebutuhan serta branding yang bisa di jual. Apabila tidak mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat maka tidak akan ada respon positif dari masyarakat sekitar. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian kualitatif lebih beriorientasi dengan hasil dilapangan sesuai realitas yang terjadi. Bahwa dengan memberikan stimulus terhadap masyarakat sekitar memiliki daya tarik tersendiri. Pemasaran berjalan dengan baik dengan respon masyarakat sekitar untuk memasukkan anaknya di SMPIT Ar-Rahmah Pacitan. Branding hafalan serta pelajaran jurumiyah memiliki daya tarik tersendiri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...