Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri akademik siswa Kelas X dengan efikasi diri dan tingkat kepercayaan diri mereka selama belajar. Pendekatan kuantitatif dan berbasis survei telah digunakan. Penggunaan IBM SPSS versi 25 memungkinkan analisis data menggunakan regresi linier berganda, menggunakan data yang diperoleh melalui survei skala Likert. Konsep diri akademis dan efikasi diri siswa secara signifikan memengaruhi kepercayaan diri mereka, sebagian dan secara bersamaan, menurut temuan tersebut. Model regresi ditetapkan valid secara statistik dengan nilai F sebesar 136,538 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Dengan nilai R-kuadrat yang disesuaikan sebesar 0,565, konsep diri akademis dan faktor efikasi diri memengaruhi kepercayaan diri sebesar 56,5%.. Temuan ini menunjukkan bahwa penguatan konsep diri akademik dan efikasi diri sangat penting dalam membangun kepercayaan diri siswa di lingkungan pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru dan konselor dalam merancang pendekatan pembelajaran yang mendukung pertumbuhan psikologis siswa.
Copyrights © 2025