Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Hubungan Self Concept Akademik & Self Efficacy terhadap Self Confidence dalam Proses Pembelajaran pada Siswa Kelas 10 SMA X Kota Bandung

Futri, Danda Leica Ramdhani (Unknown)
Nuradina, Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri akademik siswa Kelas X dengan efikasi diri dan tingkat kepercayaan diri mereka selama belajar.   Pendekatan kuantitatif dan berbasis survei telah digunakan.   Penggunaan IBM SPSS versi 25 memungkinkan analisis data menggunakan regresi linier berganda, menggunakan data yang diperoleh melalui survei skala Likert.  Konsep diri akademis dan efikasi diri siswa secara signifikan memengaruhi kepercayaan diri mereka, sebagian dan secara bersamaan, menurut temuan tersebut.  Model regresi ditetapkan valid secara statistik dengan nilai F sebesar 136,538 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000.  Dengan nilai R-kuadrat yang disesuaikan sebesar 0,565, konsep diri akademis dan faktor efikasi diri memengaruhi kepercayaan diri sebesar 56,5%.. Temuan ini menunjukkan bahwa penguatan konsep diri akademik dan efikasi diri sangat penting dalam membangun kepercayaan diri siswa di lingkungan pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru dan konselor dalam merancang pendekatan pembelajaran yang mendukung pertumbuhan psikologis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...