Moderasi beragama merupakan elemen fundamental dalam mewujudkan keharmonisan di masyarakat desa yang kerap diwarnai dinamika keberagaman. Dalam konteks ini, pendidikan Islam di desa memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama, terutama kepada generasi muda dan masyarakat secara umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran ajaran pendidikan Islam di Desa Balun dalam memperkuat nilai-nilai moderasi beragama. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam mampu memperkuat moderasi beragama melalui beberapa aspek utama, yaitu: (1) penanaman nilai toleransi, (2) penguatan akhlak mulia, dan (3) keterlibatan tokoh agama. Implementasi nilai moderasi beragama di desa ini dilakukan dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat Desa Balun melalui berbagai kegiatan seperti pengajian, dialog antar umat beragama, dan acara sosial keagamaan.
Copyrights © 2025