Efektivitas memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Dalam konteks ini, efektivitas dimaknai sebagai tingkat pencapaian tujuan yang menunjukkan keberhasilan implementasi suatu program. Kurikulum Merdeka sebagai kebijakan pendidikan yang relatif baru tentu menghadapi berbagai tantangan dalam penerapannya, termasuk kesiapan guru dan institusi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana Kurikulum Merdeka telah diterapkan secara efektif di tingkat Sekolah Atas (SMA). Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan berlandaskan pada teori efektivitas menurut Solichin Abdul Wahab, yang mengemukakan bahwa efektivitas suatu program dapat diukur melalui ketercapaian tujuan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dampak dari kurikulum ini bervariasi tergantung pada kesiapan sekolah dan kompetensi pendidik. Meskipun demikian, sebagian besar penerapan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan partisipasi siswa. Dengan demikian, pemahaman terhadap efektivitas implementasi kurikulum ini dapat menjadi dasar untuk penyempurnaan strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan berkualitas
Copyrights © 2025