Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 3 Nomor 4 (April 2025

Nilai-Nilai Pendidikan Islam Moderat dalam Kitab Risalatul Mu’awanah Karya Abdullah Al-Haddad: Penelitian

Indana Zulfa (Unknown)
Hani’atul Khoiroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Pendidikan Islam memegang peranan vital dalam membentuk pandangan dunia serta perilaku individu dalam berbagai aspek kehidupan, baik secara personal, sosial, maupun kebangsaan. Dalam konteks globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, dunia pendidikan menghadapi tantangan baru berupa meningkatnya paham radikalisme dan ekstremisme, khususnya di kalangan generasi muda. Data dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menunjukkan bahwa lingkungan pendidikan telah menjadi salah satu sasaran utama penyebaran ideologi ekstrem. Oleh karena itu, urgensi penguatan nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan Islam semakin tinggi. Kementerian Agama Republik Indonesia sejak 2019 telah menggulirkan program Moderasi Beragama sebagai upaya strategis untuk menangkal intoleransi, radikalisme, dan kekerasan berbasis agama. Dalam konteks ini, kitab klasik Risalatul Mu’awanah karya Abdullah Al-Haddad menjadi relevan untuk dikaji ulang sebagai sumber otoritatif dalam memperkuat moderasi pendidikan Islam. Kitab ini berisi ajaran moral dan nilai-nilai keagamaan yang menyeluruh, mencakup aspek akidah, ibadah, dan muamalah yang disampaikan dengan pendekatan tasawuf dan syariat yang seimbang. Abdullah Al-Haddad dikenal sebagai ulama yang berpemikiran moderat, dan karya-karyanya menekankan pentingnya pengembangan karakter yang luhur, toleransi, keseimbangan spiritual, serta hubungan sosial yang harmonis. Nilai-nilai utama yang terkandung dalam Risalatul Mu’awanah seperti ta’awun (tolong-menolong), tawazun (keseimbangan), tasamuh (toleransi), ta’adul (keadilan), dan ta’aruf (saling mengenal) merupakan pilar penting dalam membentuk kepribadian Muslim yang moderat, adil, dan mampu hidup berdampingan dalam masyarakat multikultural. Studi ini menyoroti pentingnya merelevansikan pemikiran klasik Abdullah Al-Haddad dengan kebutuhan pendidikan modern, khususnya dalam pembentukan karakter, penguatan akhlak, pendidikan tauhid, serta penanaman nilai-nilai toleransi antarumat beragama. Pendidikan Islam yang berlandaskan prinsip wasathiyah (moderat) menjadi instrumen kunci dalam melawan disintegrasi sosial dan ideologi kekerasan. Selain itu, nilai-nilai ilahiyah (spiritual) dan insaniyah (kemanusiaan) dalam kitab ini sangat aplikatif dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari cinta kepada Allah, menerima takdir, menjaga kebersihan, berbakti kepada orang tua, hingga menghormati perbedaan dan menjaga silaturahmi. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai moderasi dalam pendidikan Islam melalui pengkajian kitab klasik seperti Risalatul Mu’awanah, diharapkan terbentuk generasi muda yang memiliki ketahanan moral, akhlak yang mulia, serta kesadaran sosial yang tinggi dalam merespons kompleksitas tantangan zaman. Penelitian ini juga menjembatani kekayaan intelektual Islam klasik dengan kebutuhan sistem pendidikan yang lebih adaptif dan humanis di era modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...