Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembiasaan doa harian dalam menumbuhkan nilai religius dan disiplin anak usia dini di TK IT Al-Ikhlas. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus pembiasaan doa menggunakan media visual sebagai alat bantu pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan penilaian otentik, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan anak dalam melafalkan doa secara mandiri dan memahami maknanya, serta meningkatnya kedisiplinan seperti kedatangan tepat waktu dan kerapihan dalam menyelesaikan tugas. Penggunaan media visual terbukti efektif dalam meningkatkan konsentrasi dan minat anak selama proses pembiasaan. Penelitian ini merekomendasikan integrasi media visual dalam pembelajaran karakter di PAUD Islam serta peningkatan kolaborasi antara guru dan orang tua
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024