Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran tari Kreasi Melayu menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi media audio visual dalam pembelajaran tari Kreasi Melayu di MTs Uswatun Hasanah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan guru seni budaya, Ibu Pirda, dan observasi terhadap 22 siswa kelas VIII. Data sekunder meliputi perangkat pembelajaran seperti RPP dan silabus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tari Kreasi Melayu menggunakan media audio visual berlangsung sesuai dengan rencana yang telah disiapkan. Guru memanfaatkan video tari sebagai media utama untuk menyampaikan materi, yang kemudian dipraktikan oleh siswa melalui demostrasi dan latihan berulang. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui penilaian aspek wiraga, wirama, dan wirasa. Rata-rata nilai siswa pada tahap evaluasi mencapai 85, menunjukan bahwa siswa telah berhasil memahami materi yang diajarkan. Kesiapan guru dalam menyampaikan materi dan penggunaan media yang tepat juga berperan penting dalam mencapai hasil hasil positif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025