Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 3 Nomor 4 (April 2025

Pembelajaran Seni Tari Kreasi Melayu Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIII di MTs Uswatun Hasanah Perigi: Penelitian

Aulia, Elda (Unknown)
Elvandari, Efita (Unknown)
Ilhaq, Muhsin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran tari Kreasi Melayu menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi media audio visual dalam pembelajaran tari Kreasi Melayu di MTs Uswatun Hasanah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan guru seni budaya, Ibu Pirda, dan observasi terhadap 22 siswa kelas VIII. Data sekunder meliputi perangkat pembelajaran seperti RPP dan silabus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tari Kreasi Melayu menggunakan media audio visual berlangsung sesuai dengan rencana yang telah disiapkan. Guru memanfaatkan video tari sebagai media utama untuk menyampaikan materi, yang kemudian dipraktikan oleh siswa melalui demostrasi dan latihan berulang. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui penilaian aspek wiraga, wirama, dan wirasa. Rata-rata nilai siswa pada tahap evaluasi mencapai 85, menunjukan bahwa siswa telah berhasil memahami materi yang diajarkan. Kesiapan guru dalam menyampaikan materi dan penggunaan media yang tepat juga berperan penting dalam mencapai hasil hasil positif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...