Media pembelajaran interaktif sangat efektif diterapkan selama proses pembelajaran kimia karena dapat membantu meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan secara konseptual menurut para ahli media dan ahli materi serta mengetahui kelayakan secara prosedural menurut penilaian guru dan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan Google Sites berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada materi hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Lee & Owens (2004). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif menggunakan Google Sites berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada materi hidrokarbon mendapatkan hasil kelayakan ahli media sebesar 4.53, ahli materi sebesar 4.25, penilaian guru sebesar 4.64, uji coba satu-satu sebesar 94.4%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 90.5%. Berdasarkan hasil pengembangan dan penelitian yang diperoleh, maka media pembelajaran interaktif menggunakan Google Sites berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada materi hidrokarbon ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran kimia.
Copyrights © 2025