Penelitian ini mengkaji tentang keterlibatan indec card match dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV UPT SDN 5 Tarowang Kabupaten. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan index card math untuk meningkatka keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindaka kelas . subjek pada penelitian ini yaitu siswa dangan guru pada kelas IV UPT SDN 5 Tarowang Kabupaten Jenepnto. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan tes keterampilan berbicara dengan menggunakan strategi index card match, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan index card match yang diterapkan dengan benar maka akan meningkatkan kualitas keterampilan berbica. Pelaksanaan strategi ini juga sudah efektif jika diterapkan sejak dibangku sekolah dasar karna dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam menyampaikan pendapatnya dimuka umum. Pendekatan yang digunakan menekankan pada penyesuaian pendekatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025