Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan. Profesionalisme guru merupakan salah satu faktor penting dalam proses pendidikan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru yang profesional mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif, menyampaikan materi dengan baik, serta memberikan motivasi kepada siswa agar lebih aktif dalam mengikuti pelajaran. Minat belajar siswa merupakan dorongan internal yang mempengaruhi perhatian dan partisipasi mereka dalam proses pembelajaran, sedangkan prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh profesionalisme guru terhadap peningkatan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam dikelas XI Madrasah Aliyah Hidaytul Mubtadiin jati Agung Lampung Selatan adalah: (1) Berdasarkan penelitian uji analisis statistik pengaruh profesionalisme guru terhadap minat belajar memperoleh hasil nilai sig. 0,001 < 0,05 , dengan nilai determinasi sebesar 0,333 atau 33 %, dan hasil analisis regresi uji t parsial menunjukkan t hitung 3,740 > (lebih besar dari) t tabel 2,048, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan; (2) Berdasarkan penelitian uji analisis statistik pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar memperoleh hasil nilai sig. 0,001 < 0,05 , dengan nilai determinasi sebesar 0,350 atau 35 %, dan hasil analisis regresi uji t parsial menunjukkan t hitung 3,884 > (lebih besar dari) t tabel 2,048, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025