Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media Gimkit dalam evaluasi pembelajaran bahasa Arab di kelas VII SMPIT An-Ni'mah, Bandung. Gimkit, sebagai media berbasis permainan interaktif, menawarkan pendekatan inovatif dalam proses pembelajaran dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, melibatkan observasi langsung, wawancara dengan pendidik, serta analisis hasil evaluasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Gimkit mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Siswa lebih aktif memahami kosakata dan tata bahasa melalui interaksi permainan yang kompetitif dan menarik. Selain itu, pendidik merasakan kemudahan dalam melaksanakan evaluasi berkat fitur otomatisasi yang disediakan Gimkit. Antusiasme ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa dan suasana pembelajaran yang lebih dinamis. Kesimpulannya, Gimkit merupakan media pembelajaran yang menyenangkan, mendorong untuk berpartisipasi, untuk mendukung asesmen formatif dalam pembelajaran bahasa Arab. Temuan diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam mengadopsi teknologi interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025