Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melalui penerapan media pembelajaran kartu pintar di kelas VIII-B SMP Negeri 16 Gorontalo. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas VIII-B. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes evaluasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I, keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih tergolong sedang. Namun, setelah dilakukan perbaikan strategi pada siklus II dan III, motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam diskusi kelompok, ketekunan dalam menyelesaikan tugas, dan partisipasi dalam pembelajaran. Selain itu, terjadi peningkatan nilai hasil belajar siswa secara bertahap di setiap siklus.
Copyrights © 2025