Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 3 Nomor 4 (April 2025

Efektivitas Pembelajaran Proyek dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Empati Global pada Siswa SDN Ngingas Kelas IV : Penelitian

Aliyah Nuur Azizah (Unknown)
Nabila Ramadhani Muchtar (Unknown)
M. Amin Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Studi ini dimaksudkan untuk menguji seberapa efektif pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam merangsang keterampilan proses ilmiah serta membentuk empati global pada murid kelas empat di SDN Ngingas. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan kuantitatif dengan rancangan kuasi-eksperimen, menggunakan model kelompok kontrol non-ekuivalen. Total sebanyak 53 peserta didik dilibatkan, yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok: eksperimen dan kontrol. Data diperoleh dari pengukuran sebelum dan sesudah perlakuan (pre-test dan post-test), berfokus pada tingkat empati global dan kemampuan dalam proses ilmiah. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya lonjakan signifikan pada kelompok eksperimen dalam kedua aspek tersebut, dengan selisih rata-rata masing-masing mencapai 23,2 poin. Pengujian menggunakan t-test independen memperkuat adanya disparitas signifikan antara kedua kelompok (p < 0,05). Berdasarkan temuan ini, pendekatan pembelajaran berbasis proyek dapat dipertimbangkan sebagai strategi efektif dalam menumbuhkan aspek kognitif dan afektif siswa di jenjang sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...