Kebijakan desentralisasi pendidikan pasca reformasi menjadi tonggak penting dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara sistematis berbagai literatur yang membahas pelaksanaan otonomi daerah dalam sektor pendidikan. Metode yang digunakan adalah systematic literature review dengan pendekatan kualitatif  menganalis berbagai hasil studi dari jurnal terakreditasi nasional, laporan kebijakan, dan dokumen peraturan perundang-undangan dalam rentang waktu 2012–2025. Literatur dikumpulkan melalui penelusuran sistematis di basis data seperti Google Scholar, SINTA, Garuda, dan DOAJ dengan menggunakan kata kunci terkait desentralisasi pendidikan, manajemen pendidikan, dan otonomi daerah.  Hasil menunjukkan bahwa desentralisasi membawa peluang besar dalam peningkatan mutu pendidikan berbasis kebutuhan lokal melalui manajemen berbasis sekolah (MBS) dan pelibatan masyarakat. Namun, tantangan utama yang muncul meliputi ketimpangan sumber daya, lemahnya kapasitas manajerial, dan belum optimalnya sinergi antar level pemerintahan. Studi ini merekomendasikan reformulasi kebijakan yang lebih partisipatif dan kontekstual, peningkatan kapasitas SDM daerah, serta harmonisasi regulasi pusat-daerah untuk mengoptimalkan manfaat desentralisasi pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025