EMAS
Vol. 6 No. 6 (2025): EMAS

PENGARUH PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE LAMPU LIGHTING PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DENGAN E-TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Kuraidoh, Nila Arafah (Unknown)
Agung, Anak Agung Putu (Unknown)
Kusuma, I Gusti Ngurah Agung Gede Eka Teja (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Keberadaan Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh electronic word of mouth (E-WOM) dan electronic trust (E-Trust) terhadap keputusan pembelian produk lampu LED di platform e-commerce Tokopedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik E-WOM maupun E-Trust memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. E-Trust juga berperan sebagai variabel mediasi yang memperkuat hubungan antara E-WOM dan keputusan pembelian. Temuan ini mengindikasikan bahwa ulasan positif dari konsumen lain serta kepercayaan terhadap platform dan penjual dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Namun, keberadaan ulasan palsu menjadi tantangan dalam membangun E-Trust. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas ulasan dan membangun mekanisme untuk memverifikasi keaslian ulasan. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pelaku bisnis online untuk memanfaatkan E-WOM secara efektif dalam meningkatkan penjualan dan membangun kepercayaan konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

emas

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EMAS merupakan jurnal ilmiah untuk ilmu ekonomi, manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar E-ISSN : 2774 - 3020. Jurnal ini sebagai sarana publikasi hasil penelitian Dosen dan mahasiswa S1 dalam meningkatkan mutu ...