Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah
مجلد 9 عدد 3 (2024): Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Desember 2024

OPTIMALISASI SUBDIT SARPRAS KEMENAG RI DALAM MENDUKUNG PENINGKATAN MUTU PTKI DI INDONESIA

Aslamiyah, Rubiatul (Unknown)
Arif, Mahmud (Unknown)
Arinindyah, Otisia (Unknown)
Supriatna, Papay (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

PTKI (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam) merupakan lembaga pendidikan tinggi di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan berlandaskan nilai-nilai Islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Subdirektorat Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Kementerian Agama Republik Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subdirektorat Sarpras Kementerian Agama memiliki peran penting dalam peningkatan mutu PTKI melalui pengembangan sarana prasarana berbasis SBSN, program KIP Kuliah, dan pelatihan mahasiswa. Dukungan tersebut meliputi pengelolaan sarana pendidikan, penguatan akses bagi siswa yang kurang mampu, serta pengembangan karakter dan kepemimpinan. Dengan pemantauan dan evaluasi yang terpadu, Subdirektorat Sarpras memastikan program berjalan efektif, transparan, dan berkelanjutan, sehingga PTKI dapat menghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing, dan berkontribusi bagi masyarakat. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan rekomendasi bagi Kementerian Agama untuk meningkatkan pengelolaan sarpras di PTKI. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas PTKI sehingga dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

raudhah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Naskah yang diterima mencakup tema yang sesuai dengan fokus dan scope Jurnal Raudhah : Proud To be Profesional, dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Semua naskah akan melalui proses review sebelum terbit. Focus and Scope: 1.⁠ ⁠Islamic education learning  2. Islamic education teaching  3. ...