AbstrakArtikel ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan peran, manfaat, dan dampak kewira-usahaan hijau (green entrepreneurship) dan 2) Menganalisis kewirausahaan hijau (green entrepreneurship) dalam perspektif dari sosiologi lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekat-an deskriptif, teknik pengumpulan data dilaku-kan dengan cara pengamatan, wawancara dan fokus grup diskusi, dan teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pengumpul-an, pemilahan dan reduksi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Peran kewirausahaan hijau (green entrepreneurship), yaitu; a) Menyediakan solusi ramah lingkungan, b) Mengurangi dampak negatif, c) Mendorong inovasi berkelanjutan, d) Meningkatkan kesadaran konsumen, e) Membangun ekonomi berkelanjutan, dan f) Mendukung pembangunan berkelanjutan (SDGs). Sementara manfaatnya, di antaranya; a) Mengurangi dampak lingkungan, b) Melestarikan keanekaragaman hayati, dan c) Meningkatkan kualitas lingkungan.. Sedangkan dampaknya, di antaranya; a) Membantu mengatasi tantangan lingkungan, b) Membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan c) Membantu mendorong inovasi berkelanjutan. 2) Kewirausahaan hijau (green entrepreneurship) dalam perspektif sosiologi lingkungan, mencakup hal-hal sebagai berikut; a) Interaksi sosial dan lingkungan,b) Perilaku konsumtif dan produsen, c) Kesadaran dan nilai, dan d) Dampak sosial Kata kunci:    Kewirausahaan hijau, perspektif sosiologi lingkungan, peran, manfaat, dan dampak
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025