Latar Belakang : Traumatic dental injuries atau TDIs yaitu segala bentuk trauma fisik pada gigi, struktur pendukung, atau jaringan sekitar akibat terkena benturan atau kecelakaan yang terjadi secara tiba-tiba. TDIs selain berdampak pada domain oral, juga dapat mempengaruhi kesehatan anak secara keseluruhan dan berpotensi menyebabkan masalah pertumbuhan dan dikaitkan dengan dampak lebih besar pada Oral Health Related Quality of Life (OHRQoL). Manajemen efektif TDIs membutuhkan pemahaman komprehensif tentang tindakan pertolongan pertama yang tepat. Sekolah merupakan tempat prevalensi TDIs terbesar dan guru terlibat dalam penanganan pertolongan pertama di sekolah. Tujuan : Mengevaluasi tingkat pengetahuan dasar dan meningkatkan pengetahuan Guru Taman Kanak-kanak Kecamatan Mulyorejo, Surabaya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Metode : Sebanyak 44 orang guru dari total 20 sekolah TK yang telah menyatakan kesediaan, mengisi pre-test terkait TDIs. Setelah diberikan edukasi serta pelatihan oleh tenaga medis profesional dokter gigi, kemudian tingkat pengetahuan dievaluasi kembali melalui post-test. Hasil : Nilai rata-rata pre-test adalah 37,93 dan nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 71,29 . Berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai sig. sebesar 0,000, (p<0,05). Simpulan : Pendidikan dan pelatihan signifikan meningkatkan pengetahuan mengenai TDIs di kalangan guru TK, yang akan bermanfaat bagi anak-anak.
Copyrights © 2025