Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Theresia Kids School Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan pra-eksperimental one group pretest and posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 21 orang anak. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik SPSS 26 dengan rumus mean, median, modus, tes normalitas shapiro-wilk, paired - sampel t - test. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perkembangan sosial anak pada pretest diperoleh rata-rata sebesar 40% sedangkan setelah adanya perlakuan atau posttest mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 67% dari persentase 100%. Berdasarkan uji hipotesis, hasil analisis paired sampel t-test menunjukan hasil t hitung < t tabel (-13.051<1.72074) dan nilai signifikan sebesar < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Kegiatan Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Theresia Kids School Medan.
Copyrights © 2025