JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 10 No 1 (2025): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

PENGARUH KEGIATAN BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI TK THERESIA KIDS SCHOOL MEDAN

Panggabean, Ruth Donda (Unknown)
Dabukke, Barita Esman (Unknown)
Telaumbanua, Sriwanda M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Theresia Kids School Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan pra-eksperimental one group pretest and posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 21 orang anak. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik SPSS 26 dengan rumus mean, median, modus, tes normalitas shapiro-wilk, paired - sampel t - test. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perkembangan sosial anak pada pretest diperoleh rata-rata sebesar 40% sedangkan setelah adanya perlakuan atau posttest mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 67% dari persentase 100%. Berdasarkan uji hipotesis, hasil analisis paired sampel t-test menunjukan hasil t hitung < t tabel (-13.051<1.72074) dan nilai signifikan sebesar < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Kegiatan Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Theresia Kids School Medan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...