Penelitian ini bertujuan menilai pengaruh Peran Keluarga terhadap Semangat Belajar Siswa di SMP Noor Mushalla Surabaya. Peran keluarga diduga sangat mempengaruhi tingkat semangat mereka untuk belajar. Dalam penelitian ini, pendekatan kuantitatif digunakan dengan melibatkan seluruh siswa di SMP Noor Musalla Surabaya kelas 7 dan 8 sebanyak 59 siswa. Data primer digali dengan teknik survei dengan menyebarkan kuesioner, sedangkan data sekunder digali dengan teknik observasi dan wawancara secara langsung kepada siswa dan kepada anggota keluarga. Analisis data menggunakan regresi garis berganda untuk menguji pengaruh simultan dan parsial dari dinamika kelompok dan motivasi belajar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dinamika kelompok mempunyai dampak positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa (52,8%). Temuan ini pentingnya peran keluarga, baik dalam aspek emosional maupun semangat dan dukungan, dalam menjaga dan meningkatkan semangat belajar siswa. Rekomendasi penelitian menggaris bawahi perlunya program kolaboratif antara sekolah dan orang tua guna menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.
Copyrights © 2025