THE COMMERCIUM
Vol. 9 No. 3 (2025): The Commercium - Juli 2025

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SONGA ADVENTURE DALAM MEMBANGUN BRAND EQUITY

Fawwaz (Unknown)
Eko Pamuji (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Industri pariwisata berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk wisata arung jeram di Sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Meningkatnya popularitas arung jeram mendorong pentingnya strategi komunikasi pemasaran agar perusahaan mampu bersaing dengan kompetitor. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi pemasaran Songa Adventure dalam membangun brand equity. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Songa Adventure menerapkan sepuluh strategi komunikasi pemasaran yang mengimplementasikan delapan elemen Integrated Marketing Communication (IMC). Terdapat tiga elemen paling efektif, yaitu sales promotion, event and experience, serta online and social media marketing.  Dan satu elemen yang kurang optimal, yaitu public relation and publicity. Strategi ini membentuk persepsi positif konsumen dan memperkuat posisi Songa Adventure sebagai penyedia arung jeram unggulan di wilayah tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Commercium

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Commercium adalah Jurnal Ilmu Komunikasi yang memuat tulisan hasil penelitian mahasiswa. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal the commercium terbit 3 kali dalam setahun. Fokus dan scope penelitian di bidang Ilmu Komunikasi mencakup : ...