Manfaat pembuatan perangkat mengajar untuk membantu mahasiswa. Tujuan bahan mengajar yang efektif. Perangkat pembelajaran meliputi kalender pendidikan, prota dan promise, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pengabdian  ini  menggunakan  metode partisipatif  dengan  pendekatan  kualitatif-deskriptif  memaksimalkan  keterlibatan  mahasiswa semester VI dan  memperoleh  data  yang  mendalam  mengenai  efektivitas  pembuatan perangkat mengajar. Kegiatan ini dilaksanakan bulan  Maret sampai bulan Mei 2025 yang bertempat di STKIP PGRI Situbondo pada mahasiswa program studi pendidikan teknologi informasi kelas A dan B berjumlah 57 mahasiswa. Hasil dari  pengabdian ini mahasiswa mampu membuat perangkat dan memahami materi yang disampaikan tim pengandian.  Mahasiswa yang mengikuti sebanyak 30 yang antusias dan 27 mahasiswa masih belum termotivasi dalam membuat perangkat karena rasa malas dan tidak bertanya saat mengalami kendala didalam kelas. Kesimpulan pengabdian ini sebagai sumbangsih, dorongan dosen kepada mahasiswa agar dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025