EBTIDA' : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 4 No 1 (2024): June 2024

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS 3 MI NAHDLATUL ULAMA BULULAWANG

Lucky Muttaqin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi perasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas 3 di MI Nahdlatul Ulama Bululawang. Beberapa faktot yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar adalah : 1). Metode dan cara pembelajarannya yang belum berkembang, 2). Minimnya antusias dan minat peserta didik dalam pembelajaran matematika. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan metode pembelajaran Numbered Heads Together ( NHT ). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan menggunakan pendekatan campuran yang menggunakan model PTK Kemmis dan Taggart. Dengan menggunakan model tersebut, ada 4 langkah sebagai berikut : 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan Tindakan, 3). Pengamatan, 4). Refleksi. Peneliti melaksanakan penelitian melalui dua siklus yaitu : Siklus I dan Siklus II. Innstrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kognitif dan lembar observasi.Pada saat sebelum dilakukan penelitian dilakukan pre-test dengan nilai rata-rata 51 dan presentase ketuntasan adalah 35 %. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa adalah 77 dengan presentase ketuntasan 71 %. Pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata 91 dan presentase ketuntasan adalah 88 %. Maka disimpulkan bahwa penerapan metode Numbered Heads Together pada penelitian tindakan kelas ini dapat dikatakan “ BERHASIL “ dalam meningkatakn hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ebtida

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EBTIDA: Journal of Islamic Basic Education is an open peer-reviewed journal published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Islamic Sciences, Raden Rahmat Islamic University (UNIRA) Malang. This journal contains scientific manuscripts on Islamic Basic Education ...