Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi perasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas 3 di MI Nahdlatul Ulama Bululawang. Beberapa faktot yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar adalah : 1). Metode dan cara pembelajarannya yang belum berkembang, 2). Minimnya antusias dan minat peserta didik dalam pembelajaran matematika. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan metode pembelajaran Numbered Heads Together ( NHT ). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan menggunakan pendekatan campuran yang menggunakan model PTK Kemmis dan Taggart. Dengan menggunakan model tersebut, ada 4 langkah sebagai berikut : 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan Tindakan, 3). Pengamatan, 4). Refleksi. Peneliti melaksanakan penelitian melalui dua siklus yaitu : Siklus I dan Siklus II. Innstrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kognitif dan lembar observasi.Pada saat sebelum dilakukan penelitian dilakukan pre-test dengan nilai rata-rata 51 dan presentase ketuntasan adalah 35 %. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa adalah 77 dengan presentase ketuntasan 71 %. Pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata 91 dan presentase ketuntasan adalah 88 %. Maka disimpulkan bahwa penerapan metode Numbered Heads Together pada penelitian tindakan kelas ini dapat dikatakan “ BERHASIL “ dalam meningkatakn hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian.
Copyrights © 2024