Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah : apakah penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah pada manusia kelas 4C di MI Nahdlatul Ulama Bululawang tahun pelajaran 2022/2023?. Sedangkan tuhuan dari penulisan ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah pada manusia kelas di MI Nahdlatul Ulama Bululawang. Jenis penulisan yang digunakan adalah Penulisan Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan memakai model PTK Kemmis dan M. Tanggart. Penulis berencana melaksanakan penulisan dengan melalui 2 siklus yaitu : 1) perencanaan 2) Pelaksanaan Tindakan 3) Pengamatan 4) Refleksi. Dalam pegumpulan data, penulis menggunakan instrument penulisan yang diperlukan yaitu meliputi tes tulis dan lembar observasi. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan, dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM = 75) dan kriteria presentase ketuntasan 75%. Pada hasil penulisan siklus 1 peserta didik mendapatkan prensentase ketuntasan sebesar 40% dengan nilai rata-rata 58,20 sedangkan hasil penulisan pada siklus II mendapatkan presentase ketuntasan sebesar 100% dengan nilai rata-rata 82,95. Maka dapat disimpulkan bahwa penyusunan tugas akhir mahasiswa ini dapat dikatakan “BERHASIL”.
Copyrights © 2024