JETE
Vol 6, No 1 (2025): Juli

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Benda Cair Melalui Eksperimen Air Berjalan di SD 035 Tarai Bangun

Febriana, Ruth (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep sifat benda cair pada siswa kelas IV SDN 035 Tarai Bangun. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksperimen sederhana Air Berjalan untuk memperkuat konsep ilmiah seperti aliran, bentuk, dan volume benda cair. Data dilakukan melalui pre-test, post-test, observasi, dan dokumentasi. Model penerapan PBL memberikan pengalaman belajar aktif, kolaboratif, dan kontekstual yang mendorong keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, model PBL merupakan pendekatan yang tepat dalam mengajarkan konsep IPA yang bersifat abstrak, khususnya pada materi sifat benda cair di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah , sifat benda cair, eksperimen udara berjalan, pemahaman konsep, IPA sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JETE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Education and Teaching (JETE) (ISSN Online: 2745-9888 ; ISSN Print: 2745-9896 ) published by the Faculty of Education and Teaching Sultan Syarif Kasim Riau State Islamic University in collaboration with the Indonesian Teachers Association (PGRI) is a multidisciplinary research journal of ...