Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep sifat benda cair pada siswa kelas IV SDN 035 Tarai Bangun. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksperimen sederhana Air Berjalan untuk memperkuat konsep ilmiah seperti aliran, bentuk, dan volume benda cair. Data dilakukan melalui pre-test, post-test, observasi, dan dokumentasi. Model penerapan PBL memberikan pengalaman belajar aktif, kolaboratif, dan kontekstual yang mendorong keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, model PBL merupakan pendekatan yang tepat dalam mengajarkan konsep IPA yang bersifat abstrak, khususnya pada materi sifat benda cair di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah , sifat benda cair, eksperimen udara berjalan, pemahaman konsep, IPA sekolah dasar.
Copyrights © 2025