Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) melalui penerapan model Project-Based Learning (PjBL) di kelas XI DPIB 2 SMKN 7 Surabaya. Permasalahan yang dihadapi meliputi rendahnya keaktifan siswa, hasil belajar yang belum memenuhi KKM, serta metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keaktifan dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan baik dalam aspek keaktifan maupun hasil belajar. Keaktifan siswa meningkat dari skor rata-rata 1,11 pada siklus I menjadi 2,67 pada siklus IV. Sedangkan hasil belajar meningkat dari rata-rata 63,82 dengan ketuntasan 29,41% pada siklus I menjadi 89,85 dengan ketuntasan 100% pada siklus IV. Dengan demikian, model PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran RAB.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025