Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan organisasi pendidikan yang berkarakter di SDN Semangat Dalam 2 Kabupaten Barito Kuala. Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, peran kepala sekolah semakin penting dalam mengelola dan memimpin sekolah untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga berkarakter. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada upaya kepala sekolah dalam melakukan transformasi kepemimpinan untuk menciptakan budaya sekolah yang mendukung pengembangan karakter peserta didik, staf, dan lingkungan sekolah secara keseluruhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Subjek penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru, dan beberapa siswa yang terlibat langsung dalam kegiatan pendidikan di SDN Semangat Dalam 2 Kabupaten Barito Kuala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah melibatkan beberapa langkah strategis, di antaranya adalah penerapan visi dan misi sekolah yang berfokus pada karakter siswa, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan berbasis karakter, serta penerapan program-program berbasis nilai-nilai karakter dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah yang partisipatif dan komunikatif terbukti berhasil membangun kerja sama yang solid antara seluruh pemangku kepentingan sekolah, termasuk guru, siswa, dan orang tua. Selain itu, pengelolaan dan penataan lingkungan fisik sekolah juga berkontribusi pada pembentukan karakter positif siswa.Dengan demikian, transformasi kepemimpinan kepala sekolah di SDN Semangat Dalam 2 Kabupaten Barito Kuala memiliki pengaruh signifikan terhadap terbentuknya organisasi pendidikan yang berkarakter, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan rekomendasi bagi kepala sekolah di sekolah-sekolah lainnya dalam rangka memperkuat karakter pendidikan di Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025