Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital
Vol. 2 No. 4 (2025): August

Media sebagai Agen Perubahan Komunitas di Era Teknologi Digital

Fauzan, Muhamad (Unknown)
Purwanto, Eko (Unknown)
Jupri, Hilal Dzaki Naufal (Unknown)
Dewi, Putri Sulistyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran media digital dalam perubahan budaya, pembentukan identitas sosial, dan dinamika sosial masyarakat di era digital. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, data dikumpulkan dari berbagai sumber akademik seperti jurnal, buku, dan artikel ilmiah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital mempercepat transformasi budaya, memperluas ruang interaksi sosial, serta membentuk identitas budaya baru. Di sisi lain, media digital juga membawa tantangan seperti erosi budaya lokal, polarisasi sosial, dan kesenjangan akses digital. Temuan ini menegaskan pentingnya adaptasi budaya dan literasi digital untuk menjaga keseimbangan antara perubahan global dan pelestarian nilai-nilai lokal di tengah perkembangan teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jbkd

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. JBKD publishes four issues annually in the months of November, February, May and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been published by ...