Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Augmented Reality terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5–6 tahun di TK Alsadena Kabupaten Kampar. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan anak dalam mengenal bentuk-bentuk dasar geometri serta terbatasnya media pembelajaran yang menarik dan berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 14 anak yang memiliki kemampuan mengenal bentuk geometri rendah. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan tes kemampuan. Hasil pretest menunjukkan bahwa sebagian besar anak belum mampu mengenali, membedakan, dan menyusun bentuk geometri. Setelah diberikan perlakuan menggunakan media Augmented Reality, terjadi peningkatan signifikan pada semua indikator kemampuan geometri anak. Hasil analisis menunjukkan bahwa media Augmented Reality memberikan pengaruh sebesar 70,54% terhadap peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri pada kategori tinggi. Dengan demikian, media ini terbukti efektif dan interaktif dalam membantu anak usia dini mengenali bentuk geometri secara visual dan menyenangkan.Kata Kunci: Augmented Reality, Geometri, Anak Usia Dini, Kemampuan Kognitif, Media Pembelajaran
Copyrights © 2025