Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII A pada pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi teaching at the right level (TaRL) dengan model problem based learning (PBL) berbantuan video pembelajaran di SMP Negeri 1 Plumbon. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 1 Plumbon dengan jumlah 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa lembar observasi motivasi belajar peserta didik, dan angket motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase rata-rata motivasi belajar peserta didik dari pembelajaran siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 77% dan 84%. Artinya terjadi peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar peserta didik dari pembelajaran siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi teaching at the right level (TaRL) dengan model problem based learning (PBL) berbantuan video pembelajaran dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 1 Plumbon.
Copyrights © 2025